SMKN 1 KATAPANG menggunakan kurikulum 2013 revisi dalam kegiatan belajar mengajar, untuk semua tingkat dan untuk kompetensi keahlian yang ada di SMKN 1 Katapang. Sesuai dengan Struktur Kurikulum SMK (Perdirjen Dikdasmen No. 07/D.D5/KK/2018 tanggal 7 Juni 2018).
Sebelum menyelesaikan pendidikan dan praktek kejuruan siswa mengikuti prakerin di perusahaan yang sensuai dengan kompetensi keahlian selama 3 - 6 bulan, dan siswa diwajibkan membuat laporan prakerin dengan guru pembimbing yang nantinya akan dipresentasikan dihadapan beberapa guru penguji.
Mamat Rahmat, S.Pd, MM
Jurusan Teknik Elektronika Industri bertujuan mendidik siswa agar mempunyai kemampuan/keterampilan dalam bidang sistem kontrol dan maintenance peralatan industri berbasis “electrical control” dan “microprocessor”. Dimana kompetensi tersebut meliputi pengetahuan dan keterampilan Listrik dan Elektronika umum, Mikrokontroller dan Mikroprocessor, Pneumatic dan PLC, serta Programming berbasis komputer yang erat kaitannya dengan proses produksi di Industri.
Mamat Rahmat, S.Pd, MM
Jurusan Teknik Elektronika Industri bertujuan mendidik siswa agar mempunyai kemampuan/keterampilan dalam bidang sistem kontrol dan maintenance peralatan industri berbasis “electrical control” dan “microprocessor”. Dimana kompetensi tersebut meliputi pengetahuan dan keterampilan Listrik dan Elektronika umum, Mikrokontroller dan Mikroprocessor, Pneumatic dan PLC, serta Programming berbasis komputer yang erat kaitannya dengan proses produksi di Industri.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan international.
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam dan internasional. ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
1.13.2. Kompetensi Keahlian : Teknik Elektronika Industri (3 Tahun)
MATA PELAJARAN |
ALOKASI WAKTU |
|
A. Muatan Nasional |
|
|
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
318 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
212 |
3. |
Bahasa Indonesia |
320 |
4. |
Matematika |
424 |
5. |
Sejarah Indonesia |
108 |
6. |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) |
352 |
Jumlah A |
1.734 |
|
B. Muatan Kewilayahan |
|
|
1. |
Seni Budaya |
108 |
2. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
144 |
Jumlah B |
252 |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
|
|
C1. Dasar Bidang Keahlian |
|
|
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
108 |
2. |
Fisika |
108 |
3. |
Kimia |
108 |
C2. Dasar Program Keahlian |
|
|
1. |
Kerja Bengkel dan Gambar Teknik |
144 |
2. |
Dasar Listrik dan Elektronika |
180 |
3. |
Teknik Pemrograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler |
144 |
C3. Kompetensi Keahlian |
|
|
1. |
Mikroprosessor dan Mikrokontroler |
252 |
2. |
Penerapan Rangkaian Elektronika |
420 |
3. |
Sistem Pengendali Elektronik |
456 |
4. |
Pengendali Sistem Robotik |
348 |
5. |
Pembuatan, Perbaikan dan Pemeliharaan Peralatan Elektronika |
238 |
6. |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
524 |
Jumlah C |
3.030 |
|
Total |
5.016 |
MATA PELAJARAN |
KELAS |
||||||
X |
XI |
XII |
|||||
1 |
2 |
1 |
2 |
1 |
2 |
||
A. Muatan Nasional |
|
||||||
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
3. |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
3 |
3 |
2 |
2 |
4. |
Matematika |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
5. |
Sejarah Indonesia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
6. |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) |
3 |
3 |
3 |
3 |
4 |
4 |
Jumlah A |
19 |
19 |
15 |
15 |
15 |
15 |
|
B. Muatan Kewilayahan |
|
||||||
1. |
Seni Budaya |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
2 |
2 |
2 |
2 |
- |
- |
Jumlah B |
5 |
5 |
2 |
2 |
- |
- |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
|
||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian |
|
||||||
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Fisika |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
3. |
Kimia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
C2. Dasar Program Keahlian |
|
||||||
1. |
Kerja Bengkel dan Gambar Teknik |
4 |
4 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Dasar Listrik dan Elektronika |
5 |
5 |
- |
- |
- |
- |
3. |
Teknik Pemrograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler |
4 |
4 |
- |
- |
- |
- |
C3. Kompetensi Keahlian |
|
||||||
1. |
Mikroprosessor dan Mikrokontroler |
- |
- |
7 |
7 |
- |
- |
2. |
Penerapan Rangkaian Elektronika |
- |
- |
6 |
6 |
6 |
6 |
3. |
Sistem Pengendali Elektronik |
- |
- |
7 |
7 |
6 |
6 |
4. |
Pengendali Sistem Robotik |
- |
- |
4 |
4 |
6 |
6 |
5. |
Pembuatan , Perbaikan dan Pemeliharaan Peralatan Elektronika |
- |
- |
- |
- |
7 |
7 |
6. |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
- |
- |
7 |
7 |
8 |
8 |
Jumlah C |
22 |
22 |
31 |
31 |
33 |
33 |
|
Total |
46 |
46 |
48 |
48 |
48 |
48 |
Drs. Winarko
Jurusan Teknik Pemesinan bertujuan membekali peserta didik agar dapat menjadi operator mekanik yang mampu mengelola usaha khusunya di bidang mesin perkakas, dapat memproduksi, menjual dan membukukan dengan baik, serta dapat bekerja pada lingkup pekerjaan operator mesin Bor, Sekrap, Gergaji, Bubut Konvensional, Frais Konvensional, Gerinda, dan Programer dan operator mesin bubut CNC.
Drs. Winarko
Jurusan Teknik Pemesinan bertujuan membekali peserta didik agar dapat menjadi operator mekanik yang mampu mengelola usaha khusunya di bidang mesin perkakas, dapat memproduksi, menjual dan membukukan dengan baik, serta dapat bekerja pada lingkup pekerjaan operator mesin Bor, Sekrap, Gergaji, Bubut Konvensional, Frais Konvensional, Gerinda, dan Programer dan operator mesin bubut CNC.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan international.
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam dan internasional. ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
1.4. Program Keahlian : Teknik Mesin
1.4.1. Kompetensi Keahlian : Teknik Pemesinan (3 Tahun)
MATA PELAJARAN |
ALOKASI WAKTU |
|
A. Muatan Nasional |
|
|
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
318 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
212 |
3. |
Bahasa Indonesia |
320 |
4. |
Matematika |
424 |
5. |
Sejarah Indonesia |
108 |
6. |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) |
352 |
Jumlah A |
1.734 |
|
B. Muatan Kewilayahan |
|
|
1. |
Seni Budaya |
108 |
2. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
144 |
Jumlah B |
252 |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
|
|
C1. Dasar Bidang Keahlian |
|
|
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
108 |
2. |
Fisika |
108 |
3. |
Kimia |
108 |
C2. Dasar Program Keahlian |
|
|
1. |
Gambar Teknik Mesin |
144 |
2. |
Pekerjaan Dasar Teknik Mesin |
180 |
3. |
Dasar Perancangan Teknik Mesin |
144 |
C3. Kompetensi Keahlian |
|
|
1. |
Gambar Teknik Manufaktur |
280 |
2. |
Teknik Pemesinan Bubut |
422 |
3. |
Teknik Pemesinan Frais |
456 |
4. |
Teknik Pemesinan Gerinda |
136 |
5. |
Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM |
420 |
6. |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
524 |
Jumlah C |
3.030 |
|
Total |
5.016 |
MATA PELAJARAN |
KELAS |
||||||
X |
XI |
XII |
|||||
1 |
2 |
1 |
2 |
1 |
2 |
||
A. Muatan Nasional |
|
||||||
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
3. |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
3 |
3 |
2 |
2 |
4. |
Matematika |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
5. |
Sejarah Indonesia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
6. |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) |
3 |
3 |
3 |
3 |
4 |
4 |
Jumlah A |
19 |
19 |
15 |
15 |
15 |
15 |
|
B. Muatan Kewilayahan |
|
||||||
1. |
Seni Budaya |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
2 |
2 |
2 |
2 |
- |
- |
Jumlah B |
5 |
5 |
2 |
2 |
- |
- |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
|
||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian |
|
||||||
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Fisika |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
3. |
Kimia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
C2. Dasar Program Keahlian |
|
||||||
1. |
Gambar Teknik Mesin |
4 |
4 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Pekerjaan Dasar Teknik Mesin |
5 |
5 |
- |
- |
- |
- |
3. |
Dasar Perancangan Teknik Mesin |
4 |
4 |
- |
- |
- |
- |
C3. Kompetensi Keahlian |
|
||||||
1. |
Gambar Teknik Manufaktur |
- |
- |
4 |
4 |
4 |
4 |
2. |
Teknik Pemesinan Bubut |
- |
- |
7 |
7 |
5 |
5 |
3. |
Teknik Pemesinan Frais |
- |
- |
7 |
7 |
6 |
6 |
4. |
Teknik Pemesinan Gerinda |
- |
- |
- |
- |
4 |
4 |
5. |
Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM |
- |
- |
6 |
6 |
6 |
6 |
6. |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
- |
- |
7 |
7 |
8 |
8 |
Jumlah C |
22 |
22 |
31 |
31 |
33 |
33 |
|
Total |
46 |
46 |
48 |
48 |
48 |
48 |
Elan Herlan, S.Pd, M.Pd
Jurusan Teknik Kendaraan Ringan secara khusus bertujuan membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten. Untuk mengisi tenaga kerja tingkat menengah yang mandiri (bekerja untuk dirinya sendiri) dan untuk mengisi kebutuhan dunia kerja yang berkaitan dengan teknik Kenderaan Ringan. Serta mampu mengembangkan diri dalam lingkup keahlian teknik otomotif, khususnya teknik Kenderaan Ringan
Elan Herlan, S.Pd, M.Pd
Jurusan Teknik Kendaraan Ringan secara khusus bertujuan membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten. Untuk mengisi tenaga kerja tingkat menengah yang mandiri (bekerja untuk dirinya sendiri) dan untuk mengisi kebutuhan dunia kerja yang berkaitan dengan teknik Kenderaan Ringan. Serta mampu mengembangkan diri dalam lingkup keahlian teknik otomotif, khususnya teknik Kenderaan Ringan.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan international.
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam dan internasional. ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
1.11. Program Keahlian : Teknik Otomotif
1.11.1. Kompetensi Keahlian : Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (3 Tahun)
MATA PELAJARAN |
ALOKASI WAKTU |
|
A. Muatan Nasional |
|
|
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
318 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
212 |
3. |
Bahasa Indonesia |
320 |
4. |
Matematika |
424 |
5. |
Sejarah Indonesia |
108 |
6. |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) |
352 |
Jumlah A |
1.734 |
|
B. Muatan Kewilayahan |
|
|
1. |
Seni Budaya |
108 |
2. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
144 |
Jumlah B |
252 |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
|
|
C1. Dasar Bidang Keahlian |
|
|
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
108 |
2. |
Fisika |
108 |
3. |
Kimia |
108 |
C2. Dasar Program Keahlian |
|
|
1. |
Gambar Teknik Otomotif |
144 |
2. |
Teknologi Dasar Otomotif |
144 |
3. |
Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif |
180 |
C3. Kompetensi Keahlian |
|
|
1. |
Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan |
594 |
2. |
Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan |
560 |
3. |
Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan |
560 |
4. |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
524 |
Jumlah C |
3.030 |
|
Total |
5.016 |
MATA PELAJARAN |
KELAS |
||||||
X |
XI |
XII |
|||||
1 |
2 |
1 |
2 |
1 |
2 |
||
A. Muatan Nasional |
|
||||||
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
3. |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
3 |
3 |
2 |
2 |
4. |
Matematika |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
5. |
Sejarah Indonesia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
6. |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) |
3 |
3 |
3 |
3 |
4 |
4 |
Jumlah A |
19 |
19 |
15 |
15 |
15 |
15 |
|
B. Muatan Kewilayahan |
|
||||||
1. |
Seni Budaya |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
2 |
2 |
2 |
2 |
- |
- |
Jumlah B |
5 |
5 |
2 |
2 |
- |
- |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
|
||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian |
|
||||||
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Fisika |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
3. |
Kimia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
C2. Dasar Program Keahlian |
|
||||||
1. |
Gambar Teknik Otomotif |
4 |
4 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Teknologi Dasar Otomotif |
4 |
4 |
- |
- |
- |
- |
3. |
Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif |
5 |
5 |
- |
- |
- |
- |
C3. Kompetensi Keahlian |
|
||||||
1. |
Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan |
- |
- |
8 |
8 |
9 |
9 |
2. |
Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan |
- |
- |
8 |
8 |
8 |
8 |
3. |
Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan |
- |
- |
8 |
8 |
8 |
8 |
4. |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
- |
- |
7 |
7 |
8 |
8 |
Jumlah C |
22 |
22 |
31 |
31 |
33 |
33 |
|
Total |
46 |
46 |
48 |
48 |
48 |
48 |
Kartini, M.Si
Jurusan Teknik Penyempurnaan bertujaun mendidik siswa agar mempunyai kemampuan/keterampilan dalam bidang Teknik Penyempurnaan Tekstil. Untuk menyempurnakan bahan tekstil yang masih mentah (grey) sampai menjadi bahan kain jadi yang sesuai dengan yang diharapkan melalui proses kimiawi dan mekanis. Untuk memenuhi usaha mandiri atau memenuhi kebutuhan tenaga kerja di industri tekstil.
Kartini, M.Si
Jurusan Teknik Penyempurnaan bertujaun mendidik siswa agar mempunyai kemampuan/keterampilan dalam bidang Teknik Penyempurnaan Tekstil. Untuk menyempurnakan bahan tekstil yang masih mentah (grey) sampai menjadi bahan kain jadi yang sesuai dengan yang diharapkan melalui proses kimiawi dan mekanis. Untuk memenuhi usaha mandiri atau memenuhi kebutuhan tenaga kerja di industri tekstil.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan international.
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam dan internasional. ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
1.9.4. Kompetensi Keahlian : Teknik Penyempurnaan Tekstil (4 Tahun)
MATA PELAJARAN |
ALOKASI WAKTU |
|
A. Muatan Nasional |
|
|
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
318 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
212 |
3. |
Bahasa Indonesia |
320 |
4. |
Matematika |
424 |
5. |
Sejarah Indonesia |
108 |
6. |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) |
488 |
Jumlah A |
1.870 |
|
B. Muatan Kewilayahan |
|
|
1. |
Seni Budaya |
108 |
2. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
144 |
Jumlah B |
252 |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
|
|
C1. Dasar Bidang Keahlian |
|
|
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
108 |
2. |
Fisika |
108 |
3. |
Kimia |
108 |
C2. Dasar Program Keahlian |
|
|
1. |
Gambar Teknik |
108 |
2. |
Pengantar Teknologi Tekstil |
180 |
3. |
Pengetahuan Bahan Tekstil |
180 |
C3. Kompetensi Keahlian |
|
|
1. |
Pengelantangan |
504 |
2. |
Pencelupan |
768 |
3. |
Pencapan |
850 |
4. |
Penyempurnaan Khusus |
408 |
5. |
Kimia Analisa Tekstil |
340 |
6. |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
864 |
Jumlah C |
4.526 |
|
Total |
6.648 |
MATA PELAJARAN |
KELAS |
||||||||
X |
XI |
XII |
XIII |
||||||
1 |
2 |
1 |
2 |
1 |
2 |
1 |
2 |
||
A. Muatan Nasional |
|
||||||||
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
- |
- |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
- |
- |
3. |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
3 |
3 |
2 |
2 |
- |
- |
4. |
Matematika |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
- |
- |
5. |
Sejarah Indonesia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
6. |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) |
3 |
3 |
3 |
3 |
4 |
4 |
4 |
4 |
Jumlah A |
19 |
19 |
15 |
15 |
15 |
15 |
4 |
4 |
|
B. Muatan Kewilayahan |
|
||||||||
1. |
Seni Budaya |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
2. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
2 |
2 |
2 |
2 |
- |
- |
- |
- |
Jumlah B |
5 |
5 |
2 |
2 |
- |
- |
- |
- |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
|
||||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian |
|
||||||||
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
2. |
Fisika |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
3. |
Kimia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
C2. Dasar Program Keahlian |
|
||||||||
1. |
Gambar Teknik |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
2. |
Pengantar Teknologi Tekstil |
5 |
5 |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
3. |
Pengetahuan Bahan Tekstil |
5 |
5 |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
C3. Kompetensi Keahlian |
|
||||||||
1. |
Pengelantangan |
- |
- |
14 |
14 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Pencelupan |
- |
- |
10 |
10 |
12 |
12 |
- |
- |
3. |
Pencapan |
- |
- |
- |
- |
13 |
13 |
12 |
12 |
4. |
Penyempurnaan Khusus |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
12 |
12 |
5. |
Kimia Analisa Tekstil |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
10 |
10 |
6. |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
- |
- |
7 |
7 |
8 |
8 |
10 |
10 |
Jumlah C |
22 |
22 |
31 |
31 |
33 |
33 |
44 |
44 |
|
Total |
46 |
46 |
48 |
48 |
48 |
48 |
48 |
48 |
Angga Aditya, ST
Jurusan Teknik Komputer Jaringan bertujuan membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam : Menginstalasi perangkat komputer personal dan menginstal system operasi dan aplikasi, Menginstalasi perangkat jaringan berbasis lokal, Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas, Merancang bangun dan mengadministrasi jaringan berbasis luas. Untuk memenuhi usaha mandiri atau memenuhi kebutuhan tenaga kerja.
Hendi Hadiansah, S.Pd, S.St
Jurusan Teknik Komputer Jaringan bertujuan membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam : Menginstalasi perangkat komputer personal dan menginstal system operasi dan aplikasi, Menginstalasi perangkat jaringan berbasis lokal, Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas, Merancang bangun dan mengadministrasi jaringan berbasis luas. Untuk memenuhi usaha mandiri atau memenuhi kebutuhan tenaga kerja.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan international.
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam dan internasional. ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
3.1.2. Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan (3 Tahun)
MATA PELAJARAN |
ALOKASI WAKTU |
|
A. Muatan Nasional |
|
|
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
318 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
212 |
3. |
Bahasa Indonesia |
320 |
4. |
Matematika |
424 |
5. |
Sejarah Indonesia |
108 |
6. |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) |
352 |
Jumlah A |
1.734 |
|
B. Muatan Kewilayahan |
|
|
1. |
Seni Budaya |
108 |
2. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
144 |
Jumlah B |
252 |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
|
|
C1. Dasar Bidang Keahlian |
|
|
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
108 |
2. |
Fisika |
108 |
3. |
Kimia |
108 |
C2. Dasar Program Keahlian |
|
|
1. |
Sistem Komputer |
72 |
2. |
Komputer dan Jaringan Dasar |
180 |
3. |
Pemrograman Dasar |
108 |
4. |
Dasar Desain Grafis |
108 |
C3. Kompetensi Keahlian |
|
|
1. |
Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) |
216 |
2. |
Administrasi Infrastruktur Jaringan |
522 |
3. |
Administrasi Sistem Jaringan |
488 |
4. |
Teknologi Layanan Jaringan |
488 |
5. |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
524 |
Jumlah C |
3.030 |
|
Total |
5.016 |
MATA PELAJARAN |
KELAS |
||||||
X |
XI |
XII |
|||||
1 |
2 |
1 |
2 |
1 |
2 |
||
A. Muatan Nasional |
|
||||||
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
3. |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
3 |
3 |
2 |
2 |
4. |
Matematika |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
5. |
Sejarah Indonesia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
6. |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) |
3 |
3 |
3 |
3 |
4 |
4 |
Jumlah A |
19 |
19 |
15 |
15 |
15 |
15 |
|
B. Muatan Kewilayahan |
|
||||||
1. |
Seni Budaya |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
2 |
2 |
2 |
2 |
- |
- |
Jumlah B |
5 |
5 |
2 |
2 |
- |
- |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
|
||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian |
|
||||||
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Fisika |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
3. |
Kimia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
C2. Dasar Program Keahlian |
|
||||||
1. |
Sistem Komputer |
2 |
2 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Komputer dan Jaringan Dasar |
5 |
5 |
- |
- |
- |
- |
3. |
Pemrograman Dasar |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
4. |
Dasar Desain Grafis |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
C3. Kompetensi Keahlian |
|
||||||
1. |
Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) |
- |
- |
6 |
6 |
- |
- |
2. |
Administrasi Infrastruktur Jaringan |
- |
- |
6 |
6 |
9 |
9 |
3. |
Administrasi Sistem Jaringan |
- |
- |
6 |
6 |
8 |
8 |
4. |
Teknologi Layanan Jaringan |
- |
- |
6 |
6 |
8 |
8 |
5. |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
- |
- |
7 |
7 |
8 |
8 |
Jumlah C |
22 |
22 |
31 |
31 |
33 |
33 |
|
Total |
46 |
46 |
48 |
48 |
48 |
48 |
Insan Yuliardi M, ST
Jurusan Multimedia bertujuan membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten : Mengembangkan citra dan animasi digital. Mengembangkan halaman web interaktif. Merekam dan menyunting audio-video. Untuk usaha mandiri atau memenuhi tenaga kerja dibidang multimedia.
Insan Yuliardi M, ST
Jurusan Multimedia bertujuan membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten : Mengembangkan citra dan animasi digital. Mengembangkan halaman web interaktif. Merekam dan menyunting audio-video. Untuk usaha mandiri atau memenuhi tenaga kerja dibidang multimedia.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan international.
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam dan internasional. ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
3.1.3. Kompetensi Keahlian : Multimedia (3 Tahun)
MATA PELAJARAN |
ALOKASI WAKTU |
|
A. Muatan Nasional |
|
|
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
318 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
212 |
3. |
Bahasa Indonesia |
320 |
4. |
Matematika |
424 |
5. |
Sejarah Indonesia |
108 |
6. |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) |
352 |
Jumlah A |
1.734 |
|
B. Muatan Kewilayahan |
|
|
1. |
Seni Budaya |
108 |
2. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
144 |
Jumlah B |
252 |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
|
|
C1. Dasar Bidang Keahlian |
|
|
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
108 |
2. |
Fisika |
108 |
3. |
Kimia |
108 |
C2. Dasar Program Keahlian |
|
|
1. |
Sistem Komputer |
72 |
2. |
Komputer dan Jaringan Dasar |
180 |
3. |
Pemrograman Dasar |
108 |
4. |
Dasar Desain Grafis |
108 |
C3. Kompetensi Keahlian |
|
|
1. |
Desain Grafis Percetakan |
432 |
2. |
Desain Media Interaktif |
442 |
3. |
Animasi 2D dan 3D |
432 |
4. |
Teknik Pengolahan Audio dan Video |
408 |
5. |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
524 |
Jumlah C |
3.030 |
|
Total |
5.016 |
MATA PELAJARAN |
KELAS |
||||||
X |
XI |
XII |
|||||
1 |
2 |
1 |
2 |
1 |
2 |
||
A. Muatan Nasional |
|
||||||
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
3. |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
3 |
3 |
2 |
2 |
4. |
Matematika |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
5. |
Sejarah Indonesia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
6. |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) |
3 |
3 |
3 |
3 |
4 |
4 |
Jumlah A |
19 |
19 |
15 |
15 |
15 |
15 |
|
B. Muatan Kewilayahan |
|
||||||
1. |
Seni Budaya |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
2 |
2 |
2 |
2 |
- |
- |
Jumlah B |
5 |
5 |
2 |
2 |
- |
- |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
|
||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian |
|
||||||
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Fisika |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
3. |
Kimia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
C2. Dasar Program Keahlian |
|
||||||
1. |
Sistem Komputer |
2 |
2 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Komputer dan Jaringan Dasar |
5 |
5 |
- |
- |
- |
- |
3. |
Pemrograman Dasar |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
4. |
Dasar Desain Grafis |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
C3. Kompetensi Keahlian |
|
||||||
1. |
Desain Grafis Percetakan |
- |
- |
12 |
12 |
- |
- |
2. |
Desain Media Interaktif |
- |
- |
- |
- |
13 |
13 |
3. |
Animasi 2D dan 3D |
- |
- |
12 |
12 |
- |
- |
4. |
Teknik Pengolahan Audio dan Video |
- |
- |
- |
- |
12 |
12 |
5. |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
- |
- |
7 |
7 |
8 |
8 |
Jumlah C |
22 |
22 |
31 |
31 |
33 |
33 |
|
Total |
46 |
46 |
48 |
48 |
48 |
48 |
Rani Rasyda, S.Pd
Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak bertujuan mempelajari dan mendalami semua cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas. Untuk memenuhi usaha mandiri atau memenuhi kebutuhan tenaga kerja dibidang Rekayasa Perangkat Lunak.
Angga Aditya, ST
Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak bertujuan mempelajari dan mendalami semua cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas. Untuk memenuhi usaha mandiri atau memenuhi kebutuhan tenaga kerja dibidang Rekayasa Perangkat Lunak.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan international.
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam dan internasional. ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
3. Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
3.1. Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
3.1.1. Kompetensi Keahlian : Rekayasa Perangkat Lunak (3 Tahun)
MATA PELAJARAN |
ALOKASI WAKTU |
|
A. Muatan Nasional |
|
|
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
318 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
212 |
3. |
Bahasa Indonesia |
320 |
4. |
Matematika |
424 |
5. |
Sejarah Indonesia |
108 |
6. |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) |
352 |
Jumlah A |
1.734 |
|
B. Muatan Kewilayahan |
|
|
1. |
Seni Budaya |
108 |
2. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
144 |
Jumlah B |
252 |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
|
|
C1. Dasar Bidang Keahlian |
|
|
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
108 |
2. |
Fisika |
108 |
3. |
Kimia |
108 |
C2. Dasar Program Keahlian |
|
|
1. |
Sistem Komputer |
72 |
2. |
Komputer dan Jaringan Dasar |
180 |
3. |
Pemrograman Dasar |
108 |
4. |
Dasar Desain Grafis |
108 |
C3. Kompetensi Keahlian |
|
|
1. |
Pemodelan Perangkat Lunak |
144 |
2. |
Basis Data |
280 |
3. |
Pemrograman Berorientasi Obyek |
560 |
4. |
Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak |
730 |
5. |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
524 |
Jumlah C |
3.030 |
|
Total |
5.016 |
MATA PELAJARAN |
KELAS |
||||||
X |
XI |
XII |
|||||
1 |
2 |
1 |
2 |
1 |
2 |
||
A. Muatan Nasional |
|
||||||
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
3. |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
3 |
3 |
2 |
2 |
4. |
Matematika |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
5. |
Sejarah Indonesia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
6. |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) |
3 |
3 |
3 |
3 |
4 |
4 |
Jumlah A |
19 |
19 |
15 |
15 |
15 |
15 |
|
B. Muatan Kewilayahan |
|
||||||
1. |
Seni Budaya |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
2 |
2 |
2 |
2 |
- |
- |
Jumlah B |
5 |
5 |
2 |
2 |
- |
- |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
|
||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian |
|
||||||
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Fisika |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
3. |
Kimia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
C2. Dasar Program Keahlian |
|
||||||
1. |
Sistem Komputer |
2 |
2 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Komputer dan Jaringan Dasar |
5 |
5 |
- |
- |
- |
- |
3. |
Pemrograman Dasar |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
4. |
Dasar Desain Grafis |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
C3. Kompetensi Keahlian |
|
||||||
1. |
Pemodelan Perangkat Lunak |
- |
- |
4 |
4 |
- |
- |
2. |
Basis Data |
- |
- |
4 |
4 |
4 |
4 |
3. |
Pemrograman Berorientasi Objek |
- |
- |
8 |
8 |
8 |
8 |
4. |
Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak |
- |
- |
8 |
8 |
13 |
13 |
5. |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
- |
- |
7 |
7 |
8 |
8 |
Jumlah C |
22 |
22 |
31 |
31 |
33 |
33 |
|
Total |
46 |
46 |
48 |
48 |
48 |
48 |
Panca Hudaya Sair, S.Pd
Jurusan Teknik Perancangan Gambar Mesin adalah jurusan yang fokus mengembangkan kompetensi teknik gambar mesin diperlukan logika dan ilmu alam, terutama adalah matematika. Pada setiap unsur gambar teknik terdapat angka-angka dan bahkan perhitungan yang perlu dikuasai oleh seorang yang menekuni bidang teknik gambar mesin. Hitungan sederhana yang harus dikuasai adalah kemampuan dalam membuat besaran skala, dimana untuk besaran skala ini dipelajari juga ketika belajar matematika.
Panca Hudaya Sair, S.Pd
Jurusan Teknik Perancangan Gambar Mesin adalah jurusan yang fokus mengembangkan kompetensi teknik gambar mesin diperlukan logika dan ilmu alam, terutama adalah matematika. Pada setiap unsur gambar teknik terdapat angka-angka dan bahkan perhitungan yang perlu dikuasai oleh seorang yang menekuni bidang teknik gambar mesin. Hitungan sederhana yang harus dikuasai adalah kemampuan dalam membuat besaran skala, dimana untuk besaran skala ini dipelajari juga ketika belajar matematika.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan international.
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam dan internasional. ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
1.4.5. Kompetensi Keahlian : Teknik Perancangan dan Gambar Mesin (3 Tahun)
MATA PELAJARAN |
ALOKASI WAKTU |
|
A. Muatan Nasional |
|
|
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
318 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
212 |
3. |
Bahasa Indonesia |
320 |
4. |
Matematika |
424 |
5. |
Sejarah Indonesia |
108 |
6. |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) |
352 |
Jumlah A |
1.734 |
|
B. Muatan Kewilayahan |
|
|
1. |
Seni Budaya |
108 |
2. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
144 |
Jumlah B |
252 |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
|
|
C1. Dasar Bidang Keahlian |
|
|
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
108 |
2. |
Fisika |
108 |
3. |
Kimia |
108 |
C2. Dasar Program Keahlian |
|
|
1. |
Gambar Teknik Mesin |
144 |
2. |
Pekerjaan Dasar Teknik Mesin |
180 |
3. |
Dasar Perancangan Teknik Mesin |
144 |
C3. Kompetensi Keahlian |
|
|
1. |
Teknik Gambar Konstruksi |
594 |
2. |
Teknik Gambar Produksi |
560 |
3. |
Teknik Merancang dengan CAM |
560 |
4. |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
524 |
Jumlah C |
3.030 |
|
Total |
5.016 |
MATA PELAJARAN |
KELAS |
||||||
X |
XI |
XII |
|||||
1 |
2 |
1 |
2 |
1 |
2 |
||
A. Muatan Nasional |
|
||||||
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
3. |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
3 |
3 |
2 |
2 |
4. |
Matematika |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
5. |
Sejarah Indonesia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
6. |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) |
3 |
3 |
3 |
3 |
4 |
4 |
Jumlah A |
19 |
19 |
15 |
15 |
15 |
15 |
|
B. Muatan Kewilayahan |
|
||||||
1. |
Seni Budaya |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
2 |
2 |
2 |
2 |
- |
- |
Jumlah B |
5 |
5 |
2 |
2 |
- |
- |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
|
||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian |
|
||||||
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Fisika |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
3. |
Kimia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
C2. Dasar Program Keahlian |
|
||||||
1. |
Gambar Teknik Mesin |
4 |
4 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Pekerjaan Dasar Teknik Mesin |
5 |
5 |
- |
- |
- |
- |
3. |
Dasar Perancangan Teknik Mesin |
4 |
4 |
- |
- |
- |
- |
C3. Kompetensi Keahlian |
|
||||||
1. |
Teknik Gambar Konstruksi |
- |
- |
8 |
8 |
9 |
9 |
2. |
Teknik Gambar Produksi |
- |
- |
8 |
8 |
8 |
8 |
3. |
Teknik Merancang dengan CAM |
- |
- |
8 |
8 |
8 |
8 |
4. |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
- |
- |
7 |
7 |
8 |
8 |
Jumlah C |
22 |
22 |
31 |
31 |
33 |
33 |
|
Total |
46 |
46 |
48 |
48 |
48 |
48 |
J.S. Budi, S.Pd, M.M.Pd
Jurusan Mekatronika bertujuan mendidik siswa untuk mampu merancang, mengoperasikan dan memelihara sistem mesin yang dikendalikan secara elektronik berbasis sentral elektronik yang diprogram menggunakan bantuan PLC dan komputer. Selain itu mampu mengoperasikan mesin industri berbasis Otomation Machine, mampu mengoperasikan dan merawat mesin industri berbasis Peunematic Hydrolic dan lain-lain.
J.S. Budi, S.Pd, M.M.Pd
Jurusan Mekatronika bertujuan mendidik siswa untuk mampu merancang, mengoperasikan dan memelihara sistem mesin yang dikendalikan secara elektronik berbasis sentral elektronik yang diprogram menggunakan bantuan PLC dan komputer. Selain itu mampu mengoperasikan mesin industri berbasis Otomation Machine, mampu mengoperasikan dan merawat mesin industri berbasis Peunematic Hydrolic dan lain-lain.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan international.
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komuniksasi Digital, dan Dasar Bidang Teknologi dan Rekayasa.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam dan internasional. ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
1.13.3. Kompetensi Keahlian : Teknik Mekatronika (4 Tahun)
MATA PELAJARAN |
ALOKASI WAKTU |
|
A. Muatan Nasional |
|
|
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
318 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
212 |
3. |
Bahasa Indonesia |
320 |
4. |
Matematika |
424 |
5. |
Sejarah Indonesia |
108 |
6. |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) |
488 |
Jumlah A |
1.870 |
|
B. Muatan Kewilayahan |
|
|
1. |
Seni Budaya |
108 |
2. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
144 |
Jumlah B |
252 |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
|
|
C1. Dasar Bidang Keahlian |
|
|
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
108 |
2. |
Fisika |
108 |
3. |
Kimia |
108 |
C2. Dasar Program Keahlian |
|
|
1. |
Kerja Bengkel dan Gambar Teknik |
144 |
2. |
Dasar Listrik dan Elektronika |
180 |
3. |
Teknik Pemrograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler |
144 |
C3. Kompetensi Keahlian |
|
|
1. |
Teknik Kontrol Sistem Mekatronik |
798 |
2. |
Sistem Mekatronik Berbasis CAE |
696 |
3. |
Sistem Robotik |
832 |
4. |
Perawatan dan Perbaikan Peralatan Mekatronik |
544 |
5. |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
864 |
Jumlah C |
4.526 |
|
Total |
6.648 |
MATA PELAJARAN |
KELAS |
||||||||
X |
XI |
XII |
XIII |
||||||
1 |
2 |
1 |
2 |
1 |
2 |
1 |
2 |
||
A. Muatan Nasional |
|
||||||||
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
- |
- |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
- |
- |
3. |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
3 |
3 |
2 |
2 |
- |
- |
4. |
Matematika |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
- |
- |
5. |
Sejarah Indonesia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
6. |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) |
3 |
3 |
3 |
3 |
4 |
4 |
4 |
4 |
Jumlah A |
19 |
19 |
15 |
15 |
15 |
15 |
4 |
4 |
|
B. Muatan Kewilayahan |
|
||||||||
1. |
Seni Budaya |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
2. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
2 |
2 |
2 |
2 |
- |
- |
- |
- |
Jumlah B |
5 |
5 |
2 |
2 |
- |
- |
- |
- |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
|
||||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian |
|
||||||||
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
2. |
Fisika |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
3. |
Kimia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
C2. Dasar Program Keahlian |
|
||||||||
1. |
Kerja Bengkel dan Gambar Teknik |
4 |
4 |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
2. |
Dasar Listrik dan Elektronika |
5 |
5 |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
3. |
Teknik Pemrograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler |
4 |
4 |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
C3. Kompetensi Keahlian |
|
||||||||
1. |
Teknik Kontrol Sistem Mekatronik |
- |
- |
8 |
8 |
7 |
7 |
8 |
8 |
2. |
Sistem Mekatronik Berbasis CAE |
- |
- |
8 |
8 |
6 |
6 |
6 |
6 |
3. |
Sistem Robotik |
- |
- |
8 |
8 |
6 |
6 |
10 |
10 |
4. |
Perawatan dan Perbaikan Peralatan Mekatronik |
- |
- |
- |
- |
6 |
6 |
10 |
10 |
5. |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
- |
- |
7 |
7 |
8 |
8 |
10 |
10 |
Jumlah C |
22 |
22 |
31 |
31 |
33 |
33 |
44 |
44 |
|
Total |
46 |
46 |
48 |
48 |
48 |
48 |
48 |
48 |